Bupati Lamongan Fadeli saat berada di Inggris. (Foto : istimewa)
Bupati Lamongan Fadeli saat berada di Inggris. (Foto : istimewa)

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim) semakin tinggi dalam mengepakkan sayap-sayap bisnisnya dengan merambah Benua Eropa, yakni di Inggris.

Ini dilakukan pada saat Bupati Lamongan, Fadeli berada di Inggris untuk mendatangkan investor bagi pengembangan kawasan industri yang ada di wilayah pantai utara (Pantura) Lamongan.

"Lamongan mendapat kesempatan istimewa untuk menggaet calon investor langsung di Inggris," ucap Bupati Fadeli via surat elektronik dari Inggris, Kamis (21/4/2016).

Lamongan sambung Fadeli, diberi kesempatan ke Inggris, karena dinilai memiliki potensi luar biasa untuk pengembangan kawasan industri di wilayah Pantura. "Menjadi istimewa, karena Lamongan menjadi satu dari hanya tiga kabupaten di Jawa Timur yang mendapat kesempatan dari Pemprov Jawa Timur tersebut," terangnya.

Meskipun saat ini industri di kawasan Pantura Lamongan sudah berkembang pesat, menurutnya masih ada ruang untuk pengembangan lebih lanjut, sehingga kedepan kawasan Pantura akan kian berkembang.

"Harapannya, dengan industri yang semakin berkembang, akan menimbulkan efek berantai bagi kesejahteraan masyarakat Lamongan," kata dia.

Lamongan bersama Pemprov Jawa Timur dan Kementerian Perdagangan RI dalam forum UK-Indonesia Business Forum berada di Inggris. "Saya melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah calon investor di Inggris," paparnya.

Fadeli membeberkan, kawasan Pantura didesain untuk menjadi pusat penyediaan logistik sebagai penyangga industri di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. "Kawasan Pantura dalam proyek ini didesain oleh Pemprov Jawa Timur untuk menjadi lokasi pemindahan bandara dan sejumlah infrastruktur penunjang lainnya," urainya.

Dalam proyek yang disebut sebagai Lamongan North Coast Development Programme tersebut, masih sambung Fadeli, investor diajak untuk membuat desain perencanaan, pengembangan bandara, tata ruang dan industri yang bisa mendukung Pantura Lamongan sebagai pusat logistik.

Untuk diketahui, selain Lamongan, yang saat ini diberi kesempatan untuk menggaet investor di Inggris dan menawarkan proyek pengembangan kawasan adalah Kabupaten Malang dengan skema proyek smart city, dan Kabupaten Sidoarjo yang akan dijadikan airport city. (*)