Pembinaan Wasbang Triwulan I sukses digelar Kodim 0808/Blitar (Foto: Team BlitarTIMES)
Pembinaan Wasbang Triwulan I sukses digelar Kodim 0808/Blitar (Foto: Team BlitarTIMES)

Sebagai wujud menciptakan generasi masa depan bangsa yang cinta tanah air, Kodim 0808/Blitar kembali melaksanakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Triwulan 1 Ta.2020, Jumat (14/2/2020). 

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Makodim setempat ini mengambil tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat  yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan”.

Peserta Wasbang kali ini terdiri dari  komponen masyarakat antara lain Pegawai Negeri Sipil (PNS), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, guru, KBT, mahasiswa, pelajar, security, jurkir, dan elemen lainnya.

Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eustatius Paurakan saat membacakan amanat Dandim 0808/Blitar mengatakan bahwa pelaksanaan pembinaan Wasbang dengan komponen masyarakat merupakan implementasi program kerja Kodim 0808/Blitar yang merupakan salah satu metode binter, sebagai wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen bangsa.

“Pertemuan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, guna membangun komunikasi dialogis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk memelihara keharmonisan dan sinergitas,” ungkap Leo.

Leo menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dia juga menegaskan, dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam suatu pembaharuan ini menjadi semakin penting untuk dicermati. Karena besarnya pengaruh budaya, pandangan hidup sistem politik, tata nilai dan sistem ekonomi yang berkembang dalam tata kehidupan masyarakat Indonesia.

“Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik Bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang mempersatukan Bangsa dan Negara meliputi aspek ekonomi, politik, sosial budaya dan Hankam, ujar Kasdim 0808/Blitar,” tandasnya.

Kegiatan Wasbang diisi dengan praktik materi Outbond yang bersifat menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, kerja sama dan kewaspadaan diri di halaman Makodim 0808/Blitar.(*)

<