Kagama Blitar Raya bagikan bantuan sosial disinfektan, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat di tengah bencana wabah Corona
Kagama Blitar Raya bagikan bantuan sosial disinfektan, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat di tengah bencana wabah Corona

Wabah virus Corona memunculkan beragam masalah. Diantaranya kebutuhan akan hand sanitizer cukup tinggi, sementara ketersediaan barang minim, untuk itu jajaran Keluarga Universitas Gadjah Mada (Kagama) Blitar Raya membagikan hand sanitizer secara gratis.

Selain hand sanitizer, Kagama juga membagikan gratis disinfektan dan masker. Serta donasi gallon kran hand sanitizer beserta refillnya ditujukan kepada tempat ibadah di Kota Blitar dan Kabupaten Blitar.

“Galon kran hand sanitizer ini kami distribusikan ke Masjid, Mushola serta Gereja di Kota dan Kabupaten Blitar,” ujar Dian Permatasari, Anggota Kagama Blitar Raya selaku penanggung jawab kegiatan kepada BLITARTIMES, Kamis (2/4/2020).

Kagama juga memberikan bantuan masker dan hand sanitizer kepada pekerja yang tidak bisa stay at home di tengah wabah Covid-19. Dian memastikan hand sanitizer yang didonasikan Kagama sudah sesuai standart yang ditetapkan

“Sasaran kami pedagang dan driver ojek online. Untuk driver ojek online, mereka banyak dibutuhkan di masa wabah Corona ini, dan mereka cukup susah cari tempat cuci tangan. Alhamdulilah dengan bantuan teman-teman lulusan kimia dan sejumlah dokter alumni UGM, kami bisa meracik formulanya, paparnya.

Sementara itu Ketua Kagama Blitar Raya, Toto Robandiyo menyampaikan, bantuan sosial ini bersumber dari penggalangan dana diantara anggota Kagama Blitar Raya. Seluruh hasil penggalangan dana ini disumbangkan kepada masyarakat di Blitar dalam bentuk disinfektan, masker dan hand sanitizer.

“Intinya kami ingin berbagi, bantuan ini kami harapkan dapat sedikit meringankan beban masyarakat. Di tengah wabah Corona ini masyarakat sangat membutuhkan disinfektan, masker dan hand sanitizer,” kata Toto.

Dikatakanya, bantuan ini untuk memberikan keamanan bagi masyarakat. Khususnya bagi ojek online dan pedagang yang tidak bisa stay at home.

“Kami berikan gratis hand sanitizer ini agar mereka bisa menjaga dirinya sendiri dan menjaga barang atau service yang diberikan kepada konsumen,” tegas ASN di jajaran Pemkot Blitar.

Lebih dalam Toto mengimbau kepada masyarakat untuk membangun perilaku hidup bersih dan sehat. Menjaga kesehatan dan mengurangi pertemuan yang mengumpulkan orang banyak atau social distancing

Ia berharap adanya hand sanitizer ini bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat ketika digunakan untuk membersihkan tangan dalam kondisi apapun.

“Bantuan ini Insyaalah akan kami berikan secara berkelanjutan. Tapi kita juga akan lihat dampak dari wabah Corona ini berikutnya akan seperti apa. Bantuan tentunya akan menyesuaikan dengan kondisi,” pungkasnya.(*)