Timbulkan Polemik, Pencipta Lagu Aisyah Istri Rasulullah Merasa Dipermainkan | Mojokerto TIMES

Timbulkan Polemik, Pencipta Lagu Aisyah Istri Rasulullah Merasa Dipermainkan

Apr 09, 2020 08:50
Screenshot youtube Dunia Manji
Screenshot youtube Dunia Manji

Lagu Asiyah Istri Rasulullah yang masih menjadi tranding topic di Indonesia ternyata menuai polemik. Selain liriknya yang sempat menuai kontroversi, sang pencipta lagu pun merasa jika lagu yang ia ciptakan itu telah dipermainkan.

Angah Razif, musisi asal Malaysia sekaligus pencipta lagu Aisyah menghubungi musisi kawakan Indonesia, Anji berkaitan dengan polemik tersebut. 

Percakapan keduanya pun dipublikasikan Anji dalam channel YouTube-nya Dunia Manji pada Rabu (7/4/2020) lalu. Kini, video tersebut menempati tranding ke 25 di Indonesia.

Dalam percakapan itu, Angah Razif berpendapat jika lagu Aisyah yang kemudian liriknya diadaptasi oleh Mr. Bie menjadi Aisyah Istri Rasulullah tersebut sama sekali belum dia ketahui kejelasannya. Terutama terkait dengan legalitas lagu yang kemudian lisensinya disebut telah dibeli Syakir Daulay.

Angah menyebut jika ia sama sekali belum mendapat informasi apapun dari pihak publisher yang telah dihubungi Syakir Daulay. Sehingga dia sangat menyayangkan adanya beberapa video yang tranding di Indonesia maupun Malaysia tanpa mencantumkan cover, melainkan music official video, seolah itu lagu yang bersangkutan.

"Angah merasa karya Angah dipermainkan, karya Angah tuh seperti dibuat sesuka orang," kata Angah.

Dia pun merasa sangat tak setuju dengan judul lagu Aisyah yang kemudian diubah menjadi Aisyah Isyri Rasulullah. Termasuk aransemen yang diubah tak seperti lagu aslinya. Dia juga menyebut jika perubahan tersebut sama sekali tak melalui persetujuannya sebagai pencipta lagu.

Menurutnya, Mr. Bie yang mengadaptasi lagu ciptaannya itu baru menghubungi pihaknya melalui akun instagram band miliknya. Namun saat pertama kali melakukan adaptasi dan merubah lirik, dia menyebut tak ada komunikasi dengan Mr. Bie. Namun dia menyebut jika kesalahan itu sudah terselesaikan.

Angah pun saat ini mempermasalahkan sekaligus merasa bingung dengan izin official music video yang dikantongi Syakir Daulay. Termasuk beberapa cover yang dilakukan musisi di dunia yang tak mencantumkan 'cover' dan deskripsi lengkap dari lagu aslinya.

Dia pun sangat menyayangkan deskripsi composer yang ditulis dibeberapa deskripsi cover para musisi. Di mana di dalamnya ditulis jika composer lagu adalah Angah Razif dan Mr. Bie. Padahal, lagu tersebjt murni dibuat sendiri oleh Angah, dan Mr. Bie dalam hal ini hanya mengadaptasi liriknya.

"Seolah saya dan Mr. Bie membuat lagu ini berdua, nah banyak sekali yang tidak menjelaskan hal itu," terang Angah.

Dia pun kembali menegaskan tak memiliki informasi perjanjian apapun berkaitan dengan official music video yang dicantumkan beberapa musisi berkaitan lagu ciptaannya itu. Sehingga ia meminta agar musisi lebih peka dalam mengcover sebuah lagu dengan tidak mencantumkan official music video terlebih dulu.

Meski pada kenyataannya ia mengakui jika music video lagu Aisyah bersama Projector Band saat ini ditonton mencapai 35 juta kali pasca viral video Aisyah Istri Rasulullah yang dicover beberapa musisi. Namun ia tetap meminta agar jelas dicantumkan cover dan tak menimbulkan polemik.

Di akhir video, Anji berpendapat jika permasalahan tersebut mungkin dikarenakan adanya kesalahan komunikasi. Karena Syakir Daulay sebelumnya menyebut jika telah mengurus legalitas dari lagu tersebut.

"Mungkin belum sampai ke Angah, karena ini melibatkan dua negara. Tapi mungkin ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Atau jika terjadi deadlock akan diselesaikan secata hukum," kata Anji.

Topik
Malang Berita Malang Berita Hari Ini Timbulkan Polemik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Pencipta Lagu Aisyah Istri Rasulullah Merasa Dipermainkan tranding topic di Indonesia Angah Razif dan Mr. Bie musisi asal Malaysia Projector Band

Berita Lainnya