CEO Netflix Reed Hastings yang telah menyumbangkan hartanya untuk kembangkan vaksin Covid-19. (Foto: Getty Images)
CEO Netflix Reed Hastings yang telah menyumbangkan hartanya untuk kembangkan vaksin Covid-19. (Foto: Getty Images)

CEO Netflix Reed Hastings bersama istrinya Patty Quillin melakukan aksi sosial dalam bentuk sumbangan dana sebesar USD 30 juta atau setara dengan Rp 465 miliar yang disalurkan melalui lembaga sosial Gavi Alliance yang berfokus pada pengembangan vaksin dan imunisasi. 

Gavi Alliance mengumumkan telah menerima sumbangan donasi dana dari Reed Hastings pada hari Jumat (17/4/2020). 

Gavi Alliance sendiri merupakan lembaga yang dikelola oleh Bill dan Melinda Gates yang terletak di Jenewa, Swiss. 

Perwakilan Gavi Alliance menyebutkan bahwa sumbangan yang diberikan oleh CEO Netflix Reed Hastings itu merupakan sumbangan dari pihak swasta pertama kali dalam capaian lembaga tersebut untuk mengumpulkan USD 7,4 miliar atau setara dengan Rp 114,290 triliun untuk melakukan imunisasi terhadap 300 juta anak selama lima tahun ke depan. 

Tindakan seperti yang dilakukan oleh Reed Hastings akan sangat membantu imunisasi pada anak-anak di negara-negara di dunia yang ekonominya terpuruk dan rata-rata masyarakatnya berpenghasilan rendah. 

Selain membantu imunisasi pada anak-anak sumbangan yang nantinya terkumpul akan digunakan membantu percepatan proses pengembangan vaksin Covid-19 jika telah tersedia. 

"Imunisasi global sangat penting untuk mengakhiri pandemi yang mengerikan ini, dan hasil perjuangan keras Gavi di bidang ini akan membantu mencegah lebih banyak nyawa dan mata pencaharian yang hilang," ujar Reed Hastings dalam pernyataannya, dilansir dari Variety. 

Reed Hastings juga berharap agar aksinya tersebut dapat menginspirasi para pengusaha atau dari sektor lain untuk melakukan aksi yang sama. 

"Kami berharap kontribusi kami akan membantu bukan hanya apa yang paling dibutuhkan, namun juga dapat menginspirasi bisnis, pengusaha, dan organisasi lain untuk bergabung dalam upaya mendesak ini," imbuhnya. 

Dilansir dari Variety, Reed Hastings hingga saat ini mempunyai beberapa aset kekayaan dengan total mencapai USD 4,6 miliar atau setara dengan Rp 71,3 triliun yang itu ia dapat dari sahamnya di Netflix. 

Hal ini pun menambahkan nama CEO Netflix Reed Hastings kedalam daftar para pengusaha, aktris, aktor dan dari sektor lainnya untuk melakukan percepatan penanggulangan Covid-19. 

Setelah sepekan lebih CEO Twitter Jack Dorsey juga melakukan aksi sosial dengan menyumbangkan hartanya sebesar USD 1 miliar atau setara dengan Rp 16,3 triliun untuk membantu penanganan Covid-19. 

Lalu, ada Angelina Jolie juga melakukan aksi sosial dengan menyumbangkan kekayaannya sebanyak USD 1 juta atau setara dengan Rp 16,4 miliar yang disalurkan untuk organisasi No Kid Hungry. 

Sedangkan dari kalangan musisi, ada nama Taylor Swift yang berdonasi lewat WHO (World Health Organization) dan Feeding America. 

Baru-baru ini, dia juga mengirimkan bantuan dana kepada penggemarnya yang berusaha bertahan hidup selama isolasi diri.

Kemudian ada nama Rihanna, Arnold Schwarzenegger dan para publik figur lainnya yang telah menyumbangkan hartanya jutaan dollar Amerika untuk membantu sesama yang disalurkan di sejumlah organisasi kemanusiaan.