Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto:  Minews)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Minews)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pembelaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Prabowo Subianto menyatakan bahwa selama ini Jokowi telah berjuang demi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.  Selain itu, dia mengungkapkan alasan mengapa bergabung dengan pemerintah, yakni  karena tak ingin ada perpecahan.  

Prabowo lantas menyebut keputusan Gerindra masuk ke koalisi pemerintahan merupakan langkah yang besar.  

Hal tersebut  Prabowo sampaikan melalui video yang diunggah di akun Facebook dan ditautkan di akun Twitter-nya.  

"Selamat malam sahabat twitter dimana pun anda berada. Semoga selalu dalam keadaan sehat. Malam ini saya sampaikan taklimat saya untuk terutama para kader Partai Gerindra dimana pun berada," tulis cuitan Prabowo pada Rabu (22/4/2020).  

Dalam video yang diunggahnya, Prabowo mengatakan dirinya kini sudah bergabung dengan pemerintahan selama enam bulan dan mengungkap alasan dirinya masuk dalam pemerintahan. 

"Saudara-Saudara sekalian, sudah enam bulan kita Partai Gerindra masuk pemerintahan sebagai bagian dari pemerintah RI, sebagai bagian dari koalisi pemerintah. Saya putuskan waktu itu untuk melakukan langkah besar rekonsiliasi nasional dengan mengesampingkan kepentingan partai, perasaan pribadi, dan segala sesuatu yang menjadi pikiran-pikiran kita pada saat itu. Demi satu hal, yaitu kerukunan nasional, persatuan nasional, dam rekonsiliasi nasional," kata Prabowo.  

Lebih lanjut, Prabowo dengan tegas mengatakan untuk mengesampingkan hiruk pikuk persaingan politik.  Ia menegaskan lawan politik bukanlah musuh. Lawan politik masih saudara sehingga tak boleh ada perpecahan.  

Prabowo juga meminta semua pihak menerima dengan lapang dada dan mengesampingkan perasaan.  "Saya tidak mau merupakan bagian daripada perpecahan itu. berapa pun ongkos yang harus kita bayar. Betapa pun sedihnya perasaan kita, harus kita kesampingkan demi kepentingan yang lebih besar," ucapnya. 

Lantas, Prabowo meminta meminta kepada kadernya bisa bersatu dan bekerja sama dengan Jokowi.  Bahkan, ia mengungkapkan bahwa dirinya bersaksi atas perjuangan Jokowi demi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.  

"Untuk itu kita sekarang bekerja sama dengan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Selama saya menjadi anggota kabinet beliau, saya bersaksi bahwa beliau terus berjuang demi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia," ujarnya. 

"Saya melihat dari dekat cara-cara pengambilan keputusan beliau dan selalu yang menjadi dasar keputusan beliau adalah keselamatan rakyat yang paling miskin dan rakyat yang paling lemah," sambung Prabowo.

Melihat cuitan Prabowo tersebut, berbagai komentar pun dituliskan warganet.  Tentunya beberapa pihak pro kontra dalam menyikapi video Prabowo tersebut. 

@iqbal_s182 : "Dulu kubu yang di pihak bapak sekarang sebagian menyerang bapak Pak, Tetap semangat ya Pak, Lanjutkan pengabdiannya ke negri ini selalu pak, bakal banyak yang bilang bapak kemana aja, padahal baru sekarang bapak baru bisa menyapa kader2 dan anggota di Gerindra. Sehat selalu pak." 

@angedespoir5 : "Sangat setuju dengan Taklimat Bapak ini, semoga ditaati tegak lurus oleh semua kader Gerindra." 

@ariftriw : "Selamat malam pak @prabowo apakah bapak meninggalkan rakyat yang sedang menderit saat ini...kenapa bapak ngga jadi oposisi...untuk menyelamatkan rakyat...apa kah bapak ngga sedih mendengar rakyat mati kelaparan .." 

@BasmiKadrun : "Percuma pak  @prabowo, sebagian dari kader bapak tidak bakal ikuti keinginan bapak dan tidak bakal percaya dengan kesaksian bapak. Benar nggak @fadlizon???"