Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Foto: Bisnis .com)
Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Foto: Bisnis .com)

Gedung Kejaksaan Agung dilalap si jago merah pada Sabtu (22/8/2020) malam sekitar pukul 19.10 WIB. Untuk memadamkan kebakaran tersebut, dibutuhkan waktu 12 jam.  

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu personel pemadam kebakaran, Suroso. Suroso mengatakan jika api baru bisa dilokalisasi sekitar pukul 07.00 WIB, Minggu (23/8/2020).  

Baca Juga : Kades Dinilai Tak Becus, Petani Jeruk Selorejo Mengadu ke Pemkab Malang

 

"Terakhir disemprot jam 06.45 di sisi gedung sebelah kiri," ucap Suroso. Lebih dari 50 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api kebakaran.  

Lantas seperti apa kondisi terkini gedung Kejaksaan Agung saat ini?  

Asap hitam masih terlihat membumbung dari gedung tersebut pagi ini. Di bagian sayap kanan maupun kiri, terlihat hangus dan gedung utama Kejaksaan Agung terlihat menghitam.  

Bahkan lambang Kejaksaan Agung berwarna kuning dan hijau yang dipasang di bagian tengah gedung ikut terbakar. Kondisi gedung Kejaksaan Agung terkini tampak melalui unggahan akun @humasjakfire Minggu (23/8/2020).  

Dalam video tersebut, tampak petugas pemadam kebakaran yang masih melakukan proses pendinginan. Proses pendinginan itu dilakukan untuk memastikan api sudah benar-benar padam dan tak akan terjadi penyalaan lagi.  

Sampai berita ini diturunkan, tidak ada korban dalam peristiwa ini.  

"Minggu (23/08/2020) Update pukul 06.28 - Api yang menghanguskan gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Jl. Sultan Hasanudin Dalam No. 1, Kel. Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sudah dapat dipadamkan oleh personil #DamkarDKI.

Proses pemadaman dilanjutkan dengan pendinginan untuk memastikan api sudah benar-benar padam dan tidak terjadi penyalaan kembali.

Total 65 unit mobil #DamkarDKI berikut pendukung termasuk 2 unit mobil Brontho Sky Lift dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/08) malam sekitar pukul 19.10.

Baca Juga : Viral! 8 Wanita Cantik Berjilbab Main TikTok Injak Bendera Merah Putih

 

Tidak ada korban dalam kejadian ini. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian Polda Metro Jaya," tulis keterangan pada unggahan video tersebut.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Minggu (23/08/2020) Update pukul 06.28 - Api yang menghanguskan gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Jl. Sultan Hasanudin Dalam No. 1, Kel. Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sudah dapat dipadamkan oleh personil #DamkarDKI. Proses pemadaman dilanjutkan dengan pendinginan untuk memastikan api sudah benar-benar padam dan tidak terjadi penyalaan kembali. Total 65 unit mobil #DamkarDKI berikut pendukung termasuk 2 unit mobil Brontho Sky Lift dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/08) malam sekitar pukul 19.10. Tidak ada korban dalam kejadian ini. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian Polda Metro Jaya. #DamkarDKI #CepatResponJKT #StaySafe #JKTInfo - @aniesbaswedan @bangariza @dkijakarta @dprddkijakarta

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire) pada

 

Melihat kondisi itu, kerja keras tim Damkar pun mendapat apresiasi dari warganet.

@darzbiela: "Alhamdulilah.. trima kasih rekan2 @humasjakfire smg lelahmu mnjadi Lillah.."

@rizkyridho03: "Terima kasih bapak bapak tangguh.. Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan.. Aamiin."

@azka_shop99: "Alhamdulillah akhirnya padam juga, selamat para kestria biru #damkardki jakarta selatan, trima kasih sudah berjuang lebih dr 11 jam untuk menjinakan api, proud of you @humasjakfire."

@m_bimawan_c: "Semangat bapak2 damkar. Saya semalam hanya bisa bantu doa supaya hujan agar bisa meringkan penyiraman, tapi ternyata gak hujan. Gapapa yg penting personil damkar telah bekerja sepenuh hati. Semangat terus!!!"