Pelatihan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pengurus Anggota Koperasi Tahun 2020 (Foto: IG humaspemkotmojokerto)
Pelatihan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pengurus Anggota Koperasi Tahun 2020 (Foto: IG humaspemkotmojokerto)

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari membuka Pelatihan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi 30 orang Pengurus Koperasi Tahun 2020, Selasa (15/9/2021), di Gedung Mojokerto Service Center (GMSC).

Ning Ita menyampaikan pentingnya RAT bagi gerakan koperasi dalam rangka mempertanggungjawabkan sejauh mana kinerja pengurus yang dimandatkan oleh anggota. “Pelaksanaan RAT ini sebagai ajang evaluasi roda usaha koperasi yang dijalankan selama setahun untuk menentukan langkah dan program-program ke depan pada era persaingan global seperti saat ini, di mana produk luar negeri bisa dengan mudah masuk ke Indonesia,” kata Ning Ita.

Dia lantas menyebutkan seperti industri alas kaki yang harus bersaing dengan produk dari China. “Ini merupakan tantangan untuk pelaku usaha lokal. Untuk itu  koperasi mampu mendongkrak perekonomian indonesia, dengan semangat kegotongroyongan,” tambah dia.

Koperasi di Kota Mojokerto saat ini berjumlah total 180 koperasi, dengan jumlah koperasi aktif sebanyak 145 koperasi, koperasi tidak aktif sebanyak 35 koperasi dan koperasi yang melaksanakan RAT sebanyak 115 koperasi atau sekitar 79,31% dari jumlah koperasi aktif di kota Mojokerto.