Hyundai Tucson (Foto;  Carmudi)
Hyundai Tucson (Foto; Carmudi)

Hyundai Motor Company akhirnya resmi meluncurkan produk terbarunya yakn all-new Hyundai Tucson Selasa (15/9/2020).  

Compact SUV (C-SUV) ini merupakan generasi keempat dengan model global serta varian wheelbase panjang dan varian wheelbase pendek untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.  

Baca Juga : Fresh! Yamaha X-Ride 125 Hadirkan Tiga Pilihan Warna Baru, Segini Harganya

Konsep futuristik yang sempat diperkenalkan melalui teaser kini bisa terlihat jelas. Tentunya, Hyundai Tucson ini memiliki fitur yang semakin canggih dan lengkap. Wujud Tucson pun dibuat sangat atraktif.  

Mengimplementasi bahasa desain yang parametric dynamic. Dengan nuansanya yang tak hanya modern, tapi juga sporty dan tangguh.  

Bagian wajah depan terintegrasi permainan perangkat elektronik unik. Grille bercelah besar mendominasi. Beberapa segmen pada corak tersembunyi daytime running light, yang akan terlihat saat mobil dinyalakan.  

Penerangan utama mengambil tempat di bumper, yang terhubung palang tebal menyilang serta menyisakan bukaan di bawah.

Selain itu mobil ini memiliki detail di guratan yang mewarnai kap dan sisi, menyiratkan kesan kekar. Dibagian samping dilengkap bentuk fender mengotak dengan pelek bermotif dinamis two tones. Konsumen dapat memilih tiga ragam ukuran : 17, 18 dan 19 inci.  

Lalu berbicara ke bagian interiornya yang disuguhkan dalam varian hitam atau abu-abu dalam balutan kulit atau fabric.  

Hyundai Tucson GLS Gasoline 2020 - Harga, Spec, Gambar & Review | Otoloka
Foto: Oto

Tatanannya yang minimalis dengan garis membuat dasbor dan pintu bersinergi apik. Garis itu juga sebagai lokasi ventilasi pendingin kabin.  

Area tengah dasbor yang berisikan head unit layar sentuh 10,25 inci dan pengontrol AC dikemas jadi satu dalam bingkai. 

Terdapat juga fitur head unit 8 inci sebagai pilihan lebih terjangkau. Namun, konektivitasnya dengan smartphone sama-sama mumpuni yakni memanfaatkan Apple Carplay atau Android Auto secara nirkabel.

Konsol tengah dihiasi tempat minum dan barisan tombol.  

Tuas transmisi tidak terlihat, karena Tucson menggunakan teknologi pemindah gigi elektronik.  

Untuk mengakses kabin, Tucson memakai teknologi keyless. Menariknya, smartphone juga bisa dijadikan smart key dengan memakai komponen Near Field Communication (NFC). Pengguna pun tak perlu membawa kunci fisik sama sekali. Fitur ini mengizinkan mobil dibuka atau dikunci dari jauh.  

Baca Juga : Generasi Baru Nissan March Pesaing Ford Fiesta Bakal Dirancang Renault

Termasuk untuk mengaktifkan panic alert, menyalakan mesin dan mengontrol AC sejauh 27 meter dari mobil.

Fitur canggih lainnya yakni Car-to-home, yang memberikan wewenang bagi pengemudi untuk mengatur perkakas elektronik rumah lewat mobil.

Untuk pilihan mesin mobil ini berspesifikasi empat silinder berkubikasi 2,0 liter naturally aspirated peminum bensin yang menghasilkan 162,7 Tk dan 205 Nm. Disandingkan transmisi otomatis 6-speed. Lalu 1,6 liter turbocharger penyembur 173,5 Tk dan 265 Nm berpadi otomatis kopling ganda 7-speed.  

Serta pengonsumsi solar 2,0 liter yang ber-output 181,4 Tk dan 400 Nm dengan pemindah gigi otomatis 8-speed.

Terdapat tambahan berupa model bensin Smartstream berkapasitas silinder 2,5 liter. Tenaga puncak tercipta diperkirakan mencapai 187,4 Tk dan torsi 246 Nm.  

Hyundai masih menggunakan teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD) yang mengatur durasi bukaan katup. Sehingga daya dorong, efisiensi dan emisi gas buang dapat dioptimalkan.  

Sementara untuk harga, diprediksi sekitar $ 24 ribu atau Rp 356 jutaan untuk model dasar peminum bensin. Varian atasnya sekitar $ 33 ribu atau Rp 490 jutaan. 

Sedangkan versi hybrid antara $ 27 ribu (Rp 401 jutaan) sampai $ 35 ribu (Rp 520 jutaan)