Laruna Lipstik. (Foto: istimewa)
Laruna Lipstik. (Foto: istimewa)

Beberapa perempuan sudah mulai aware dengan keamanan produk kosmetiknya. Terlebih, sudah banyak sekali informasi bahkan gambar-gambar akibat buruk bagi orang yang menggunakan kosmetik sembarangan. 

Membeli kosmetik murah pun tak apa, asal kosmetik tersebut ori. Bahkan, sebagian perempuan kini memilih mengikuti tren menggunakan produk kosmetik berbahan dasar alami.

Baca Juga : Kini, Cara Aman dan Alami Putihkan Gigi Bisa dengan Gel Asam Jawa

Penggunaan pewarna alami, pada lipstik misalnya, lebih disukai dibanding pewarna sintetis meskipun mempunyai kelemahan dalam hal stabilitas warna. Tentunya, perona bibir alami tidak seawet pewarna sintetis.

Penggunaan lipstik berbahan dasar alami dipilih lantaran banyak lipstik yang membahayakan sebab mengandung methylparaben yang menyebabkan gangguan sistem endokrin. Lalu, propylparaben memiliki efek racun, retinyl palmitate dapat menyebabkan kanker, dan tocopheryl acetate mengakibatkan kulit melepuh, kulit bersisik bahkan beracun.

Berdasarkan permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) berinovasi membuat produk lipstik alami. Mereka menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai sumber zat warna yang aman, bebas bahan kimia, dan tidak menimbulkan efek samping bila digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Tim yang terdiri atas Iswati, Sheyna Reffi Adum Ningtias, Vina Uswatun Hasanah, dan Rhobithotus Mufidah tersebut membuat lipstik berbahan dasar kulit buah pandan laut bernama Laruna Lipstik.

"Warna kuning sampai oranye pada buah pandan laut yang matang, berasal kandungan karotenoidnya, di mana semakin matang warna kuningnya semakin tua (oranye)," terang Iswati.

Kadar β-karoten dari 2 klon buah pandan laut selama perkembangan tingkat kematangannya berkisar antara 12,76-36,72 ppm.

Baca Juga : Tampil Stylish dengan Warna Hijau Mint, Contek Inspirasi Outfit ala Tantri Namirah

Laruna Lipstik kata dia akan dikemas dalam wadah sesuai ukuran lipstik. Kemasan Laruna memiliki ukuran sebesar 40 x 8 mm.

Iswati menjelaskan, bahan kemasan lipstick Laruna terbuat dari bahan plastik akrilik untuk tabungnya. Lapisan luar kemasan terbuat dari akrilik tipis.

"Untuk memenangkan persaingan pasar, kami menggunakan kebijakan strategi STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan bauran pemasaran (Marketing Mix) agar pemasaran Laruna lebih efektif dan menguntungkan. Penjualan produk dengan menggunakan media sosial (Instragram, Facebook, WhatsApp Bisnis) dengan sistem pre-order. Untuk informasi mengenai produk LARUNA dapat dilihat di akun Instagram Laruna.fm dan Youtube Laruna," tandasnya.