Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama jajaran Forkopimda ikuti upacara virtual peringatan Hari Kesaksian Pancasila. (Foto : Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jombang)
Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama jajaran Forkopimda ikuti upacara virtual peringatan Hari Kesaksian Pancasila. (Foto : Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jombang)

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengikuti upacara virtual Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020). Pada momen mengenang hari bersejarah itu, Mundjidah menitipkan pesan kepada generasi muda untuk selalu mengamalkan Pancasila.

Upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, mulai pukul 08.00 WIB. Upacara juga dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Sedangkan di Kabupaten Jombang, selain diikuti oleh Bupati Jombang bersama Wakil Bupati Jombang Sumrambah, juga diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Farid Alfarisi, Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho,  Dandim 0814 Letkol Inf Triyono, Kajari Jombang Yulius Sigit  Kristanto, Sekdakab Akhmad Jazuli serta kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Baca Juga : Tingkatkan Perlindungan dan Pemahaman Peserta, BPJamsostek Mojokerto Gelar Webinar

Di kesempatan itu, Mundjidah mengajak generasi milenial dan seluruh masyarakat Jombang untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Agar, kehidupan bermasyarakat dan bernegara berjalan sesuai yang cita-cita para pendiri bangsa.

"Kalau nilai-nilai luhur Pancasila diamalkan, pasti semuanya hidup rukun. Tidak ada tawuran, tidak ada perselisihan. Semuanya bersatu," ujarnya usai mengikuti upacara.

Visi Misi Jombang berkarakter, menurut Mundjidah, juga terilhami dari Pancasila. Karakter pertama yakni beragama sesuai sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Karakter kedua yakni adil sesuai sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Karakter ketiga bersatu sesuai sila ketiga Persatuan Indonesia.

Sedangkan karakter keempat, musyawarah sesuai sila keempat. Yaitu, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Karakter kelima yakni kebersamaan dan harmonis, sesuai sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Sampai kapan pun, Pancasila harus dijaga dan dilestarikan," imbuh Mundjidah.

Baca Juga : Bupati Jombang Gelar Bulaga di Era New Normal

Senada dengan Bupati, Wabup Jombang Sumrambah, juga menegaskan pentingnya mempertahankan dan melestarikan Pancasila. "Pancasila adalah dasar yang menyatukan NKRI. Ini pondasi yang harus dipertahankan demi keutuhan NKRI. Juga demi keberlangsungan arah pembangunan ke depan," pungkasnya (Adv).