Lika-Liku Indonesia Kembali Raih Juara di Piala Thomas 2021 Setelah 19 Tahun Silam | Mojokerto TIMES

Lika-Liku Indonesia Kembali Raih Juara di Piala Thomas 2021 Setelah 19 Tahun Silam

Oct 18, 2021 12:39
Indonesia menang Piala Thomas 2021 (Foto: Detik Sport)
Indonesia menang Piala Thomas 2021 (Foto: Detik Sport)

JATIMTIMES - Perjalanan tim Indonesia menuju podium juara di ajang Piala Thomas 2021 tidaklah mudah. Pasalnya, sebelum mencapai puncak, Indonesia harus melalui perjalanan fase grup bertemu dengan tim-tim tangguh.

Untuk diketahui, tim Indonesia memulai kiprahnya di penyisihan Grup A Piala Thomas 2021 dengan menghantam Aljazair dengan skor 5-0. Kemenangan sempurna Indonesia saat menghadapi Aljazair disumbang oleh Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga : HUT Kota Batu ke-20, Pagelaran Wayang Kulit Lakon Tumuruning Wahyu Sandhang Pangan Digelar Semalam Suntuk

Selain itu ada Shesar Hiren Rhustavito, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Setelah melalui laga perdana dengan mudah, tantangan berat mulai dihadapi tim Tanah Air saat laga kedua yakni harus berhadapan dengan Thailand.

Tim Indonesia sempat tertinggal lebih dulu dari Thailand sebelum akhirnya menang dengan skor 3-2. Tiga poin kemenangan Indonesia ditentukan dari 2 pasangan ganda Indonesia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Penentu kemenangan Indonesia atas Thailand ialah sektor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito yang turun di partai terakhir. Kemenangan identik 3-2 juga terjadi saat berhadapan dengan Taiwan di babak penyisihan Grup A terakhir Piala Thomas 2021.

Kemudian, poin kemenangan Indonesia diraih dari 3 atlet tunggal putra, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Hasil itulah yang mengantar Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Thomas 2021 dengan status juara Grup A.

Berlanjut di babak perempat final, Indonesia dihadapkan dengan Malaysia yang sempat menumbangkan langkah merah putih di perempat final Piala Sudirman 2021. Hasil undian yang mempertemukan Indonesia dengan tim Negeri Jiran, itu sekaligus menjadi momentum merah putih untuk membalas kekalahan di perempat final Piala Sudirman 2021.

Alhasil, tim merah putih sukses menuntaskan misi revansnya di babak perempat final Piala Thomas 2021, dengan menaklukkan Malaysia dengan skor 3-0.

Kemenangan Indonesia saat menghadapi Malaysia disumbang oleh Anthony Sinisuka Ginting, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Jonatan Christie. Berhasil melewati babak perempat final, tim Indonesia lantas berlanjut ke babak semifinal Piala Thomas 2021 dengan bertemu tim tuan rumah yakni Denmark.

Pada babak semifinal itu, Indonesia mampu meraih kemenangan meski sempat kecurian 1poin, dengan kedudukan akhir skor 3-1. Keberhasilan Indonesia membungkam tim tuan rumah dipersembahkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Karena berhasil melewati babak semifinal, Indonesia pun berhak mendapatkan tiket untuk maju pada final Piala Thomas 2021. Pada partai puncak Piala Thomas 2021, mempertemukan Indonesia dengan juara bertahan, China pada Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Hasil final Piala Thomas 2021, tim Indonesia berhasil menang dengan menuntaskan 3 partai langsung dengan skor 3-0 atas China. Kemenangan Indonesia dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie.

Hasil itu membuat tim Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas 2021 sekaligus menuntaskan dahaga gelar selama 19 tahun.

Perjalanan Indonesia hingga Juara Piala Thomas 2021

- Indonesia vs Aljazair : 5-0 (penyisihan grup)

- Indonesia vs Thailand : 3-2 (penyisihan grup)

- Indonesia vs Taiwan : 3-2 (penyisihan grup)

- Indonesia vs Malaysia : 3-0 (perempatfinal)

- Indonesia vs Denmark : 3-1 (semifinal)

- Indonesia vs China : 3-0 (final)

Hasil Final Piala Thomas 2021 : Indonesia vs China

- Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu : 18-21, 21-14, 21-16

- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong : 21-12, 21-19

Baca Juga : Tercepat Kelas Women Youth, Atlet Kota Batu Andhien Raih Medali Emas di Kejurprov

- Jonatan Christie vs Li Shi Feng : 21-14, 18-21, 21-14

Topik
piala thomas piala thomas indonesia Prestasi Internasional

Berita Lainnya