Ingin Kulit Lebih Bercahaya, Pakai Saja Kulit Bawang Putih | Mojokerto TIMES

Ingin Kulit Lebih Bercahaya, Pakai Saja Kulit Bawang Putih

Nov 25, 2021 08:20
Bawang Putih (Foto: wonderhowto.com)
Bawang Putih (Foto: wonderhowto.com)

JATIMTIMES - Saat memasak, bawang putih menjadi salah 1 bumbu yang sering dipakai. Namun, setelah mengupas bawang putih, pasti dibuang kulitnya. Padahal, kulit bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat. Dalam beberapa kesempatan dan kegunaan, kulit bawang bisa dipakai untuk berbagai hal. Misalnya untuk memberi warna pada telur rebus agar kecokelatan atau pewarna alami pada kain atau baju. 

Melansir melalui Mind Body Green, kulit bawang putih mengandung vitamin A, C, E, kaya antioksidan fenilpropaniod anti inflamasi, dan asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin. 

Baca Juga : Jalankan Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Wali Kota Malang Beri Penghargaan RSI Unisma

Penelitian juga menemukan jika kulit bawang putih punya sifat antimikroba yang kuat. Cara termudah untuk mendapat manfaat kulit bawang yakni dengan membuatnya menjadi teh kulit bawang. 

Bahkan kulit bawang putih juga bisa ditambahkan dalam sayur sup untuk membuatnya jadi lebih enak. Atau bisa juga sebagai kaldu sayur yang sehat, mengubahnya jadi bubuk perasa.

Berikut 3 manfaat tak terduga kulit bawang:

1. Melindungi kulit dari penuaan dini dan keriput

Manfaat kulit bawang ternyata juga baik untuk kulit. Dokter kulit Mamina Turegano mengungkapkan teh kulit bawang akan membantu kulit wajah menjadi lebih kenyal dan membuatnya lebih awet muda. 

Kandungan quercetin dalam kulit bawang akan membantu melawan peradangan dan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, garis halus, dan keriput. Senyawa tersebut juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga : Kejari dan Bea Cukai serta APH Gresik Musnahkan Ribuan BB Seharga Miliaran

2. Membuat tidur nyenyak

Triptofan dalam teh kulit bawang akan membantu membuat tidur lebih baik. Kalian bisa menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal untuk mendapat manfaat kulit bawang lebih baik.

3. Membuat kulit lebih bercahaya

Kulit bawang mengandung antosianin tinggi yang bermanfaat sebagai anti inflamasi dan antimikroba. Kandungan itu dapat bermanfaat untuk membuat kulit lebih bercahaya.

Topik
Bawang Putih kulit bawang putih manfaat kulit bawang putih kulit bercahaya

Berita Lainnya