10/12/2022 Pemkot Mojokerto Siap Gelar City Tour Soekarno, Kenalkan Masa Kecil Presiden RI Pertama | Mojokerto TIMES

Pemkot Mojokerto Siap Gelar City Tour Soekarno, Kenalkan Masa Kecil Presiden RI Pertama

Jan 14, 2022 22:39
Rakor Persiapan city tour Soekarno (Foto: Abdullah M/JatimTIMES).
Rakor Persiapan city tour Soekarno (Foto: Abdullah M/JatimTIMES).

Pewarta: Abdullah M | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Kota Mojokerto merupakan kota yang sarat peninggalan sejarah. Kota ini pernah menjadi saksi kejayaan Majapahit hingga masa sebelum kemerdekaan RI. Di masa itu, ternyata kota ini menjadi saksi Presiden RI pertama Ir. Soekarno saat menjalani kehidupan masa kecilnya.

Untuk memperkenalkan hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto terus berupaya melestarikan peninggalan sejarah yang ada di bumi majapahit. Kali ini bersama Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Pemkot mojokerto menggelar City Tour Soekarno.

Baca Juga : Terkait Bisnis PCR Menteri Luhut, Pesilat NU ini Beri Pembelaan dari Serangan Luar

Kabag Prokopim Pemkot Mojokerto Hatta Amarullah mengatakan, di bawah kepemimpinan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Pemkot Mojokerto selalu mensuport kegiatan pelestarian sejarah di Kota Mojokerto.

"Awalnya acaranya dari PPMKI yang punya hajat gathering kita fasilitasi, dan alhamdulillah ibu wali Kota (Ika Puspitasari) mengizinkan dan mempersilahkan untuk rumah rakyat dijadikan tempat gathering," jelasnya saat dihubungi usai rapat koordinasi final City Tour Soekarno, Jumat (14/1/2022) sore.

Hatta juga menjelaskan bahwa Soekarno Kecil selama sembilan tahun berada di Kota Mojokerto untuk menempuh pendidikannya, sejak usia enam tahun di Twede Inlandsche School (TIS) yang berlokasi di Jalan Taman Siswa yang kini digunakan sebagai SDN Purwotengah 2.

Untuk itu, dalam City Tour Soekarno, Pemkot juga melibatkan Forkopim agar pelaksanaan City Tour dapat berjalan dengan lancar. 

"Ini tadi Alhamdulillah dari kepolisian, TNI, Polri, dishub, satpol PP semuanya mendukung dan insyaallah kegiatan minggu insyaallah berjalan dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga : Vaksinasi di Pamekasan, Pulang Bisa Bawa Hadiah Motor

City Tour Soekarno rencananya akan digelar pada hari Minggu (16/1) mendatang. Nantinya dalam City Tour ini, selain memperkenalkan lokasi bersejarah tentang Soekarno juga akan berkeliling ke lokasi ikonik di Kota Mojokerto.

Seperti Rumah Rakyat, Jembatan Gajah Mada, Menara Tribuana dan rumah Soekarno kecil, Kantor Pemkot, Jalan Gajah Mada, SDN Purwotengah 2, SMPN 2 Kota Mojokerto, alun-alun, dan Jalan Mojopahit.

Dalam kegiatan ini, juga akan dipamerkan mobil kuno milik Presiden Soekarno R1. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari juga akan hadir dalam kegiatan ini.

Judul berita Pemkot Mojokerto Siap Gelar City Tour Soekarno, Kenalkan Masa Kecil Presiden RI Pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Presiden Soekarno Soekarno

Berita Lainnya