Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Kenali Fitur Keamanan Baru WhatsApp, Bisa Keluar Grup Tanpa Notifikasi

Penulis : Rachmad Hidayat - Editor : Nurlayla Ratri

11 - Aug - 2022, 06:39

Fitur keamanan terbaru WhatsApp
Fitur keamanan terbaru WhatsApp

JATIMTIMES- WhatsApp mengeluarkan tiga fitur baru yang terkait privasi. Pertama, kemampuan menyembunyikan status online, lalu keluar grub secara diam-diam, serta memblokir tangkapan layar untuk gambar sekali lihat. Fitur-fitur tersebut diumumkan oleh WhatsApp Will Cathcart, (Selasa, 9/8/2022) kemarin. 

Seperti apa sih tiga fitur baru tersebut? 

1. Keluar dari Grup Diam-Diam 

Pengguna kerap merasa malu saat meninggalkan grup, karena terdapat notifikasi saat pengguna keluar dari grup. 

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat meninggalkan obrolan grub tanpa menunjukan notifikasi. Dengan fitur tersebut, WhatsApp hanya akan memberi tahu admin tentang akun yang keluar dari grup.

Baca Juga : Ada Sirine di 6 Titik Perlintasan KA Tanpa Palang Ini, Hati-Hati Saat Melintas

Will Cathart mengatakan dalam sebuah tweet bahwa fitur ini "hampir seperti meninggalkan pesta secara diam-diam dan hanya memberi tahu tuan rumah". 

2. Sembunyikan Status Online 

Sekarang, pengguna dapat memiliki kontrol terhadap siapa yang bisa melihat status “online” di obrolan. 

Sebelumnya pengguna hanya bisa menyembunyikan status Terakhir Terlihat. Pengguna dapat sepenuhnya menyembunyikan status online dari semua orang, hanya nomor tidak dikenal, kontak tertentu, atau dari siapapun. 

3. Pemblokiran Tangkapan Layar untuk Pesan Sekali Lihat 

Baca Juga : Youtube Health, Fitur Baru YouTube Bisa Apa Saja?

Pesan sekali lihat memungkinkan pengguna mengirim file media hanya dapat dilihat sekali. Sebelumnya hal ini bisa dikecoh dengan menangkap layar media tersebut. 

Sekarang, WhatsApp menambahkan fitur pemblokiran tangkapan layar pesan sekali lihat yang memungkinkan pengguna memblokir orang mengambil tangkapan layar media mereka. 

Fitur ini kan meluncur ke semua pengguna WhatsApp. Namun, belum diketahui pasti kapan fitur baru WhatsApp ini akan rilis. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Rachmad Hidayat

Editor

Nurlayla Ratri