10/12/2022 Pembaruan Kebijakan Dilakukan Instagram, Batasi Konten Anak di Bawah 16 Tahun | Mojokerto TIMES

Pembaruan Kebijakan Dilakukan Instagram, Batasi Konten Anak di Bawah 16 Tahun

Aug 28, 2022 10:06
Logo Instagram. (Foto: Pinterest)
Logo Instagram. (Foto: Pinterest)

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pembaruan kebijakan dilakukan oleh Instagram dengan mengeluarkan serangkaian fitur keamanan. Salah satunya, bagi pengguna berumur di bawah 16 tahun, ada pembatasan konten.

Pembaruan ini memperkenalkan fitur ‘pemeriksaan pengaturan’ baru yang memandu remaja untuk memperbarui pengaturan keamanan dan privasi mereka. Hal ini dilakukan mengingat pada Desember 2021 lalu, bos Instagram Adam Mosseri mengeluarkan pernyataan di depan Senat Amerika Serikat (AS) tentang dampak platform-nya terhadap pengguna usia remaja.

Baca Juga : Seberapa Penting Peran Orang Tua dalam Percintaan Anak? Ini Jawaban Buya Yahya

“Di mana pun kami bisa. Kami ingin menghentikan kaum muda untuk mendengar dari orang dewasa yang tidak mereka kenal, atau yang tidak ingin mereka dengar. Kami percaya akun pribadi adalah cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi,” tulis Instagram dalam lamannya.

Jadi, setiap orang yang berusia di bawah 16 tahun (atau di bawah 18 tahun di negara tertentu) akan di-default ke akun pribadi saat mereka bergabung dengan Instagram. Jika kaliam memiliki akun pribadi, orang-orang harus mengikuti untuk melihat postingan, story, dan reel kalian, kecuali mengizinkan orang lain membagikan ulang konten kaliam.

Bahkan pengguna lainnya juga tidak bisa sembarangan berkomentar di konten kalian. Hingga mereka tidak akan melihat konten Anda sama sekali di tempat seperti jelajahi atau hashtag.

Selain itu, pembaruan teranyar Instagram juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan mereka di sekitar konten sensitif, seperti konten yang dapat menggambarkan kekerasan grafis, bersifat seksual, atau konten tentang barang terlarang.

Baca Juga : Miris, KPA Tulungagung Temukan Remaja Malas Pakai Kondom Meski Gonta-ganti Pasangan

Pada konten-konten semacam itu, sistem Instagram akan menyajikan tiga opsi untuk membatasi konten ini, yakni ‘more’, ‘less’ atau ‘standard’.

Saat ini dengan pembaruan terbaru, remaja di bawah 16 tahun akan menggunakan kontrol ‘less’ jika mereka baru menggunakan Instagram. Meski demikian, mereka masih dapat mengubah pengaturan ini ke mode ‘dtandar’ jika mereka ingin.

Judul berita Pembaruan Kebijakan Dilakukan Instagram, Batasi Konten Anak di Bawah 16 Tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
fitur instagram Fitur Baru Instagram

Berita Lainnya