10/12/2022 Waspada Nyari Cheat di YouTube, Malware Rentan Serang Para Gamers | Mojokerto TIMES

Waspada Nyari Cheat di YouTube, Malware Rentan Serang Para Gamers

Sep 26, 2022 18:17
Ilustrasi serangan Malware (pixabay)
Ilustrasi serangan Malware (pixabay)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Para gamers tentunya pernah mencari cheat atau crack untuk memudahkan sebuah game. Pencarian cheat atau crack dilakukan para gamers melalui situs - situs ataupun melalui YouTube. Tetapi, saat ini perlu diketahui, jika para gamers yang mencari cheat di YouTube rentan terserang Malware berbahaya.

Informasi ini, disampaikan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melalui akun Instagram resminya @ccicpolri. Disampaikan, jika gamers yang mencari cheat di YouTube menjadi sasaran utama dari para peretas. 

Baca Juga : Pinjol Ilegal Masih Marak, Ini Daftar 71 Pinjol Ilegal per Agustus 2022

"Waspada malware berbahaya yang mengincar gamers di Youtube. Sebuah malware berbahaya mengincar kredensial para pengguna games. Malware tersebut disebarkan melalui YouTube dengan maksud menyebarkan "cheat" games palsu," tulis dalam caption unggahannya.

Para peretas memanfaatkannya dengan membuat sebuah website dengan tautan ke file arsip yang dilindungi kata sandi yang dirancang untuk menginstal Malware pencuri informasi seperti RedLine Stealer pada perangkat yang disusupi.

Temuan ini muncul karena jumlah total pengguna yang menemukan malware terkait game dan perangkat lunak yang tidak diinginkan dari 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022 menyentuh hampir 385.000 pengguna. Lebih dari 91.000 file didistribusikan dengan kedok game seperti Minecraft , Roblox, Need untuk kecepatan, Grand Theft Auto, dan Call of Duty .

"Tercatat, lebih dari 350.000 orang telah terinfeksi malware ini. Disinyalir pelaku cybercriminals menggunakan RedLine Stealer untuk mencuri data," urai akun tersebut.

Baca Juga : Wali Kota Sutiaji Segera Lantik Pejabat Definitif di 10 OPD yang Kosong

RedLine Stealer sendiri merupakan perangkat lunak berbahaya yang dapat mencuri data dan menginfeksi sistem operasi dengan Malware. RedLine Stealer dapat mengumpulkan informasi dari semua web browser berbasis Gecko dan Chromium, termasuk login, kata sandi, data pengisian otomatis, cookie dan nomor kartu kredit.

Para pelaku mempromosikan cheat melalui YouTube. Video  tersebut mengiklankan cheat dan crack dan memberikan instruksi untuk meretas game dan software game yang dimaksud. Beberapa games yang ditemukan terdapat video 'cheat' tersebut antara lain APB Reloaded, CrossFire, DayZ, Farming Simulator, Farthest Frontier, FIFA 22, Final Fantasy XIV, Forza, Lego Star Wars, Sniper Elite, dan Spider - Man.

Judul berita Waspada Nyari Cheat di YouTube, Malware Rentan Serang Para Gamers.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
cheat di youtube malware redline stealer

Berita Lainnya